Berdiri Menjawab Azan atau Shalat Tahiyatul Masjid

Berdiri Menjawab Azan atau Shalat Tahiyatul Masjid

Pertanyaan:
Assalamu'alaikum,

Apa yang harus dilakukan seseorang ketika memasuki masjid dan saat itu azan sedang berkumandang?
Apakah ia harus duduk dan menunggu atau ia melakukan shalat tahiyatul masjid atau apakah ia mesti menunggu sambil berdiri sampai azan selesai dan lalu melaksanakan shalat sunah?

Jawaban:
Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh,

Dalam kondisi seperti pertanyaan Anda, terdapat dua amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan:
1. Menjawab azan, dan
2. Melaksanakan dua rakaat shalat tahiyatul masjid.

Semua ulama sepakat bahwa ketika azan berkumandang, sunnah untuk menjawab azan yang dikumandangkan oleh muazin kecuali dalam beberapa kondisi, meskipun dalam sebagian besar kasus ia akan menjawab azan setelah ia lepas atau selesai dari kondisi tersebut.

Dan ketika seseorang memasuki masjid, dianjurkan untuk melaksanakan dua rakaat sebelum duduk. Para ulama menyebutnya shalat sunah tahiyatul masjid yang berarti menghormati masjid. Nabi Muhammad saw. bersabda, “Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum dia duduk.”

Pandangan Ibnu Hajar al-Haitami ketika seseorang sedang dalam kondisi ini adalah; jika seseorang memasuki masjid saat azan dikumandangkan, maka ia sebaiknya tidak duduk apabila nantinya hendak melaksanakan shalat tahiyatul masjid. Orang tersebut harus menunggu berdiri sambil menjawab panggilan azan dan setelah azan selesai ia langsung melaksanakan shalat tahiyatul masjid sehingga kedua amalan ini dapat dikerjakan.

Dipost Oleh roemasa

Murid, Pemburu Ilmu dan Hikmah

Post Terkait